Keyakinan Investor Jerman Turun Ditengah Krisis China Serta Ekuitas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan investor Jerman jatuh ke level terendahnya sejak Oktober 2014 seiring turunnya ekuitas di tengah melambatnya pertumbuhan dan kekhawatiran ekonomi China selama meningkatnya keuntungan dari pemberi pinjaman kawasan euro.

Pusat Penelitian Ekonomi Eropa ZEW di Mannheim mengatakan bahwa indeks investor dan ekspektasi analis, yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi enam bulan ke depan, turun ke 1,0 pada Februari dari 10,2 pada bulan Januari. Para ekonom memperkirakan penurunan ke nol, menurut survei Bloomberg.

“Peningkatan perlambatan pada ekonomi dunia dan konsekuensi pasti dari jatuhnya harga minyak menempatkan ketegangan pada Indikator Sentimen Ekonomi ZEW,” kata Sascha Steffen, kepala penelitian International Finance dan Manajemen Keuangan di ZEW. “Mengingat ini merupakan perkembangan, keprihatinan atas peningkatan risiko credit standar telah memberikan dampak penurunan kepada harga saham dan obligasi untuk banyak bank di Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. “

Pertumbuhan China yang melambat terkait negara tersebut yang menyeimbangkan ekonomi dari industri tradisional ke arah layanan, dan kemunduran yang membebani ekspor Jerman, menakuti pasar global dan menggoyahkan kepercayaan diri. Sektor perbankan yang memimpin sell-off pada ekuitas dalam seminggu terakhir juga mengancam untuk menghentikan rapuhnya pemulihan pada kredit dan menghalangi pemulihan kawasan euro.(mrv)

Sumber: Bloomberg