Keuntungan yang Diperoleh Emiten dalam Pasar Modal

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Semua orang yang terlibat dalam Pasar Modal umumnya mempunyai tujuan tertentu yang bersifat pribadi. Entah untuk mendapat untung dalam saham atau membutuhkan modal untuk kelangsungan hidup perusahaannya. Emiten, seperti yang telah diketahui, adalah pihak yang ingin menjual sahamnya kepada pihak yang menginginkan kepemilikan pada sebagian perusahaan. Perjanjian kedua belah pihak akan tertera pada surat berharga yang mencatat tentang transaksi dan besarnya kepemilikan dari investor terhadap perusahaan milik emiten.

 

Keuntungan di Pihak Emiten

Seperti diketahui, salah satu fungsi utama dari pasar modal adalah sebagai ajang untuk mendapatkan modal usaha oleh emiten, sehingga perusahaan bisa meningkatkan kapasitas produksi dengan penambahan modal yang didapat dari investor. Dengan kata lain, akan terjadi pemerataan pendapatan antara badan usaha dengan masyarakat yang ingin berpartisipasi. Sesungguhnya, peningkatan modal usaha dan kapasitas produksi otomatis akan membuka lapangan kerja baru. Berikut adalah beberapa keuntungan lain yang diperoleh emiten di pasar modal.

– Jumlah dana dari penjualan saham bisa jadi sangat besar atau berlipat dari yang dimilikinya. Maksudnya, transaksi yang terjadi di pasar ini bisa membuat seorang emiten yang awalnya bermodal 20% bisa mendapat keuntungan hingga 200% dari hasil penjualan saham perusahaannya. Semua uang dari penjualan sahamnya pun juga dapat dihimpun dan didapat ke tangan mereka dalam sekali waktu atau sekaligus pada waktu terjadinya jual beli atau transaksi di pasar modal.

– Dengan adanya transaksi yang berpeluang memberikan keuntungan kepada emiten, maka para emiten juga akan mengurangi ketergantungannya pada pihak bank. Biasanya, emiten meminta bantuan dana pada bank untuk menyelamatkan perusahaannya. Namun dengan adanya proses penjualan saham maka para emiten akan bisa mengatur dan mengatasi masalah keuangannya sendiri tanpa ada campur tangan yang sering atau besar dari pihak bank.

– Kemandirian dalam perusahaan dalam mengelola uang yang masuk dari penjualan saham. Dalam mengelola uang yang masuk dari penjualan saham, pihak emiten akan bebas menetukan peraturan yang akan diberlakukan dalam mengelola uangnya sendiri.

 

Keuntungan di Pihak Investor

Tidak dikatakan suatu investasi jika tidak ada peluang keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor melalui saham.

– Dapat memilih bidang investasi yang mengurangi resiko rugi. Dalam transaksi di pasar modal tentunya anda sudah mengetahui bahwa investor akan memilih investasi yang menurut mereka akan mendatangkan keuntungan bagi mereka berkai lipat dari modal yang mereka tanamkan.

– Keuntungan kedua tentu tentang besarnya uang yang mereka terima ketika nilai investasi yang mereka beli berkembang pesat dan bisa berkali lipat besarnya. Pada saat itulah biasanya para investor akan mengambil sahamnya untuk menghindari kerugian yang mungkin akan timbul jika sewaktu-waktu nilai saham anjlog dan memaksa mereka untuk merugi.

Maka sudah tentu, dengan adanya emiten dan investor kegiatan di pasar modaldapat berjalan dengan lancar dan mereka juga akan membuat pasar ramai dengan berbagai jenis produk investasi dan perkiraan keuntungan yang akan mereka dapatkan dalam kurun waktu tertentu. Semua yang dijalankan pada pasarini tentu menjurus pada satu tujuan meski pelakunya mempunyai sebutan yang berbeda satu sama lain. Keputusan kapan akan menarik saham juga sangat penting, karena kepentingan ini akan menentukan berapa banyak uang yang akan mereka terima setelah menanamkan modal dalam waktu yang tidak sebentar dan jumlah uang yang tidak sedikit juga. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua belah pihak sama-sama memperoleh keuntungan di Pasar Modal.

One comment