Ketegangan Global Menekan Harga Emas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas jatuh di New York, penurunan dari penguatan terbesar dalam empat pekan terakhir di tengah ketegangan di Ukraina dan Timur Tengah pasca penguatan dolar yang menahan permintaan. Palladium ditransaksikan di bawah level tertingginya dalam 13 tahun terakhir.

Emas naik sebesar 1,3 persen kemarin pasca pesawat Malaysia Airlines ditembak jatuh di atas wilayah Ukraina dan Israel mengirim pasukan darat ke Jalur Gaza. Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas jatuhnya Boeing 777 atas wilayah timur Ukraina yang menewaskan sebanyak 298 penumpang.

Emas rebound tahun ini dari penurunan tahunan terbesarnya dalam tiga dekade terakhir pasca pihak otoritas AS berjanji untuk mempertahankan tingkat suku bunga ultra rendahnya dan kerusuhan di Timur Tengah dan Ukraina mendorong permintaan terhadap aset safe haven. Hargaemas masih ditetapkan untuk penurunan mingguan pertamanya dalam tujuh pekan terakhir seiring ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan suku bunga acuan dapat meningkat lebih cepat dari yang diharapkan. Dolar mencapai level tertingginya dalam empat pekan terakhir terhadap sekeranjang 10 mata uang utama hari ini.

Emas untuk pengiriman Agustus turun sebesar 0,4 persen ke level $1.311 per ons pukul 7:46 pagi di Comex New York. Harga turun sebesar 2 persen pekan ini. Bullion untuk pengiriman segera tergelincir sebesar 0,6 persen ke level $1,310.77 di London, menurutBloomberggeneric pricing.?(izr)

Sumber: Bloomberg