Kepercayaan Investor di Jerman Turun Pasca Melemahnya Prospek Pertumbuhan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan investor Jerman turun untuk bulan ke-10 pada bulan Oktober menandai ekonomi terbesar Eropa sedang berjuang untuk menemukan pijakan di tengah pertumbuhan kawasan euro yang lemah dan meningkatnya ketegangan di Ukraina serta Timur Tengah.

ZEW Center untuk Riset Ekonomi Eropa yang berada di Mannheim mengatakan indeks investor dan ekspektasi analis, yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi dalam enam bulan ke depan, turun menjadi minus 3,6 pada bulan Oktober dari 6,9 pada bulan September. Itu merupakan level terendah sejak November 2012. Ekonom telah memperkirakan penurunan ke nol, menurut rata-rata dari 35 perkiraan dalam survei Bloomberg News.

Ekonomi Jerman berada di tepi resesi setelah produk domestik bruto turun pada kuartal kedua. Pesanan pabrik, output industri dan ekspor melemah pada bulan Agustus yang merupakan penurunan terbesar sejak Januari 2009 silam, dan acuan saham dalam Indeks DAX telah merosot 13% sejak awal bulan Juli ke level terendah dalam setahun.

Sentimenyang ?lemah mencerminkan “berlanjutnya krisis geopolitik dan skeptisisme tentang efektivitas langkah Bank Sentral Eropa terbaru,” kata Peter Meister, seorang ekonom dari BHF Bank AG di Frankfurt. “Indikator ekonomi sudah sangat tidak menguntungkan baru-baru ini. Penurunan pasar saham seharusnya juga memiliki implikasi negatif. “(frk)

Sumber : Bloomberg