Kepercayaan Bisnis Jerman Turun Untuk Bulan Ke-4 Terkait Risiko Pembangunan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan bisnis Jerman turun untuk bulan keempat, menandakan lemahnya perekonomian di zona euro karena Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan mungkin akan meningkatkan stimulus di zona euro.

Indeks institutes business climate (IFO), berdasarkan survei terhadap 7.000 eksekutif,??indeks tersebut turun ke level 106.3 di bulan Agustus ini dari level 108 pada bulan Juli lalu. Para ekonom justru memperkirakan penurunan sebesar 107, menurut perkiraan rata-rata yang di survei Bloomberg News.

Jerman telah menjadi mesin pertumbuhan ekonomi di zona euro sejak tahun lalu dan daya tahan mesin tersebut bisa menjadi kritis karena pertumbuhan ekonominya yang kini mulai stagnan terkait tempat pertumbuhan dan ketegangan politik dengan Rusia mengancam arus perdagangan di zona euro. Draghi mengisyaratkanpada pekan lalu bahwa ia akan mengambil langkah dengan pembelian aset berbasis luas terkait prospek inflasi di kawasan zona euro yang memburuk.

Produk domestik bruto (GDP) Jerman turun pada kuartal lalu untuk pertama kalinya lebih dari satu tahun. Sementara itu kontraksi naik sebesar 0,2 persen terkait konsekuensi dari musim dingin yang cenderung hangat telah merubah tingkat output produksi menjadi seperti tiga bulan sebelumnya, Bundesbank memperingatkan bahwa antisipasi rebound sebelumnya pada semester kedua??pada tahun ini diragukan.??(vck)

Sumber: Bloomberg