Kepercayaan Bisnis Jerman Menurun untuk Bulan Ke-6

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan bisnis Jerman turun untuk bulan keenam seiring kekhawatiran resesi yang telah muncul menghantui ekonomi terbesar di Eropa tersebut.

Indeks lembaga bisnis Ifo, berdasarkan survei terhadap 7.000 eksekutif, turun menjadi 103,2 pada bulan Oktober dari 104,7 pada bulan September. Para ekonom memperkirakan penurunan ke angka 104.5, menurut rata-rata dari 38 perkiraan yang disurvei oleh Bloomberg.

Ekonomi Jerman, yang membantu zona euro meningkat dari tahun lalu yang merupakan peningkatan tertingginya dari level terendah, menurun pada kuartal kedua, dan Bundesbank memprediksi sedikit kenaikan pada pertumbuhan ekonomi di semester kedua. Pesanan pabrik, pada sektor produksi industri dan ekspor semua merosot tajam pada bulan Agustus sejak 2009 silam, dan kepercayaan investor turun untuk bulan ke-10 pada bulan Oktober.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg dari tanggal 3 – 9 Oktober memprediksi pertumbuhan triwulanan sebesar 0,3 persen pada periode bulan Juli sampai September. Menurut Kantor Statistik Federal yang dijadwalkan akan merilis perkiraan pada 14 November mendatang. (knc)

Sumber : Bloomberg