Kepala Badan Pengawas Baru Janjikan Dukungannya, Bursa China Menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham China menguat, dipimpin oleh perusahaan teknologi dan industri, setelah kepala baru dari regulator sekuritas mengisyaratkan dia akan terus menopang pasar ekuitas dan melakukan secara perlahan terhadap reformasi yang mungkin telah membanjiri bursa dengan saham baru.

Indeks Shanghai Composite naik 0,7 persen. Liu Shiyu, ketua China Securities Regulatory Commission, mengatakan itu terlalu dini untuk berpikir tentang dana penyelamatan negara meninggalkan pasar, sementara sistem berbasis pendaftaran baru untuk IPO akan memakan waktu. China Overseas Land & Investment Ltd menuju kenaikan terbesar dalam satu bulan di Hong Kong setelah mengatakan akan membeli aset properti yang dimiliki oleh Citic Ltd sekitar 31 miliar yuan ($ 4.8 miliar).

Indeks Shanghai turun 2,2 persen pekan lalu karena intervensi negara diduga gagal untuk membalikkan kerugian di pasar ekuitas berkinerja terburuk di dunia. Data selama akhir pekan menunjukkan produksi industri dan penjualan ritel negara keduanya tumbuh kurang dari perkiraan ekonom di dua bulan pertama 2016, sementara indeks kredit baru terbesar China untuk bulan Februari muncul dalam waktu kurang dari setengah dari estimasi dalam survei Bloomberg.

Indeks Shanghai Composite diperdagangkan di 2,826.85 pada pukul 09:38 pagi waktu setempat. Sementara? Indeks Hang Seng China Enterprises naik 1,2 persen, sedangkan Indeks Hang Seng menguat 0,8 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg