Kekhawatiran Penjualan Saham Baru Tekan Indeks Berjangka China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Indeks saham berjangka China turun ditengah kekhawatiran penjualan saham baru akan memikat dana dari ekuitas yang ada.

Kontrak pada Indeks CSI 300 berakhir pada bulan Juni, kontrak paling aktif, turun 1,5% menjadi 4,550.80 pada 09:26 pagi waktu setempat. Dua puluh perusahaan dijadwalkan untuk menjual saham penawaran umum perdana dari Selasa hingga Kamis, yang dapat membekukan senilai 2,8 triliun yuan ($ 451.1 milyar ) berdasarkan estimasi rata-rata dari survei Bloomberg.

Shanghai Composite turun 1,6% pada Jumat, sementara CSI 300 turun 1,8%. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong menguat 1,7% dan Indeks Hang Seng menguat 2%. Indeks Bloomberg China-US Equity naik 0,6% di New York.

Indeks Shanghai Composite telah reli sebanyak 113% selama tahun lalu di tengah spekulasi pemerintah akan melanjutkan program pemangkasan suku bunga dan mempercepat merger perusahaan milik negara. Hal ini senilai 16,6 kali 12 bulan diproyeksikan laba, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun dari 10,2, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg