Kebijakan Bank Sentral Swiss Dorong Emas Bergerak Naik

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bank Sentral Swiss secara mengejutkan menghapus nilai tukar franc terhadap euro, sehingga menyebabkan para investor beralih ke emas sebagai aset safe haven dari mata uang tersebut.
EMAS
Aset di SPDR Gold Trust, meningkat 1.4% ke level 717.15 metrik ton pada 15 Januari lalu, angka tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak Agustus 2011 lalu. Sementara kontrak berjangka emas di New York mencatat reli tertinggi dalam lebih dari 6 bulan terakhir setelah para investor beralih ke aset safe haven ditengah melonjaknya volatilitas mata uang.

Harga emas telah mengalami kenaikan 6.8% sepanjang tahun 2015 ini setelah gejolak perekonomian di Eropa telah mendorong spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan menambah stimulus, sehingga hal itu menaikkan permintaan akan tempat lindung nilai. Sedangkan pekan ini Bank Dunia memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2015 ini dan anjloknya harga minyak telah memicu kekhawatiran deflasi. Turunnya tingkat inflasi dan stagnannya perekonomian global diperkirakan akan mendorong Federal Reserve untuk menunda kenaikan suku bunga. (bgs)

Sumber: Bloomberg