Kandungan dan Manfaat Air Kelapa

5fa565d9943e3RIFAN FINANCINDO – Air kelapa sejak dulu dipercaya memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Baru-baru ini, air kelapa juga dikaitkan dengan isu mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 jika dikonsumsi secara rutin.

Namun, Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari M.Gizi mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah air kelapa bisa menyembuhkan pasien Covid-19.

Akan tetapi, kandungan nutrisi air kelapa memang terbukti memiliki banyak sekali manfaat, termasuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

“Untuk menelaah nutrisinya, kita harus mengamati kandungan macronutrient (makronutrien) dan micronutrient (mikronutrien) air kelapa,” kata Juwalita dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Kandungan air kelapa

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa:

1. Makronutrien

Secara makronutrien, sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat. Makronutrien dalam air kelapa adalah:

– 94 persen isinya air,

– 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa,

– sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Tidak hanya itu, air kelapa juga diketahui mengandung nutrisi protein.

2. Mikronutrien

Tidak hanya unsur makro, tetapi air kelapa juga mengandung unsur mikronutien di dalamnya berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Di antaranya seperti berikut:

– Kalium

– Magensium

– Natrium

– Kalsium

– Zat Besi

– Fosfor

– Sulfur

– Vitamin B

– Vitamin C

– Asam nikotinat

– Asam pantotenat

– Biotin

– Riboflavin

– Dan lain sebagainya

Jika kita amati mikronutiennya, Juwalita menyebutkan kandungan yang menonjol pada air kelapa adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7 dan B9.

Manfaat air kelapa

Kandungan mineral yang kaya di dalamnya tersebut, membuat air kelapa sudah sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sejak lama.

1. Anti-inflamasi (anti-peradangan)

Berdasarkan sejumlah penelitian, air kelapa memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan.

Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti virus, bakteri dan jamur.

Hal ini tentunya bermanfaat untuk mencegah keparahan kondisi-kondisi peradangan yang dialami oleh banyak pasien gangguan autoimun, stres berlebihan, terlalu banyak makan-makanan manis dan berlemak, hingga terinfeksi virus, bakteri atau jamur.

Termasuk penyakit yang sedang mewabah saat ini yaitu infeksi Covid-19.

2. Penyerapan obat

Penelitian lebih lanjut terkait khasiat air kelapa, dilakukan Manisha DebMandal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shyamapada Mandal dari Department of Zoology, Gurudas College Kolkata India yang menemukan bahwa air kelapa memang mempercepat penyerapan obat.

Tidak hanya mempercepat penyerapan saja, tetapi air kelapa ini juga mempermudah obat itu mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah karena efek elektrolit yang dimilikinya.

Dalam artikel mereka Coconut (Cocos nucifera L.: Arecaceae): In health promotion and disease prevention yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, mereka menyebutkan bahwa air kelapa memiliki kandungan asam amino bebas, L-arginine, yang dapat mengurangi radikal bebas, dan mengandung vitamin C yang mengurangi peroksidasi lipid.

Selain itu, air kelapa memiliki efek cardioprotective pada myocardial infarction karena kaya akan ion mineral, terutama potassium.

3. Meningkatkan imunitas

Dengan adanya kandungan B6 dan memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, Juwalita mengatakan, air kelapa bisa bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin B6 itu dikenal sebagai Folat. Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan.

“Sistem imunitas kita ini kan sebetulnya sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, bulu-bulu getar di saluran pernapasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit,” kata dia.

“Jika kita melihat perannya, Vitamin B6 ini perannya besar sekali di dalam sistem imun,” tambahnya.

Lebih lanjut, Juwalita berkata kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya.

Kadar elektrolit di dalam air kelapa memang cukup tinggi, karena mengandung Kalium dan Magnesium.

Kedua unsur ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung.

Ini berarti terkait juga pada pencegahan penyakit komorbid (penyerta) pada Covid-19.

Konsumsi air kelapa seperlunya

Menurut Juwalita, kebiasaan baru mengonsumsi air kelapa ini sebenarnya hal positif. Banyak sekali benefit dari alam yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita.

“Tetapi perlu diingat juga, tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya, dalam arti ketika mengonsumsi makanan dan minuman, kita harus tahu tujuan kita apa, kita mau memenuhi nutrisi mana,” tegasnya.

Jika kita mau memenuhi kebutuhan Vitamin B, misalnya, air Kelapa bisa jadi alternatif. Namun jika tidak ada air kelapa, kita masih bisa juga mencari alternatif lain.

Oleh karena itu, kata dia, kebiasaan minum air kelapa ini boleh-boleh saja, asalkan kita tetap menjaga variasi makanan kita.

Sebab, prinsip nutrisi seimbang adalah kita dapat menjaga variasi makanan sehingga seluruh kebutuhan macronutrient dan micronutrient terpenuhi.

 

Sumber : kompas