Jika Tax Amnesty Gagal, Ritel yang Untung !!

Rifan financindo – Pasca Tax Amnesty dana asing langsung membanjiri bursa kita, sejauh ini sudah 11.9 Triliun uang yang masuk sejak hari disahkannya Tax Amnesty tanggal 28 Juni lalu. Arus dana saing ini menunjukan positifnya respon investor asing terhadap pengesahan peraturan perpajakan ini. Sebelumnya kami juga sempat membahas bahwa inflow yang terjadi pasca keputusan Tax Amnesty bahkan lebih besar dari Jokowi Effect (optimisme asing pasca terpilihnya Jokowi menjadi presiden).Jika selama ini anda menganggap bahwa dana asing yang masuk ini merupakan dana repatriasi yang masuk ke Indonesia karena kebijakan Tax Amnesty, maka anda salah. Dana yang masuk ini murni dana dari investor asing yang selama ini keluar masuk di bursa Efek kita. Dana Repatriasi sendiri kemungkinan baru akan mulai masuk ke bursa kita di bulan Agustus nanti,

Menurut kementrian keuangan target Dana Repatriasi yang pulang kampung karena Tax Amnesty ini sebesar 560 Triliun, dan sebagai syarat untuk memperoleh pengampunan pajak, dana tersebut harus dibawa masuk ke Indonesia serta diinvestasikan dalam berbagai instrumen baik keuangan maupun sektor riil minimal dalam waktu 3 tahun.

Ekspektasi masuknya dana repatriasi tersebutlah yang kemungkinan menjadi alasan utama mengapa Investor Asing langsung menyerbu pasar modal kita, ketika RUU Tax Amnesty disahkan.

Asing langsung mengantisipasi masuknya dana segar ke bursa kita, dengan cara memborong saham-saham blue chip, jadi ketika dana repatriasi mulai masuk ke bursa, mereka tidak punya pilihan selain membeli saham-saham blue chip di harga yang sudah cukup tinggi.

Sumber: investing.com

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA