Jepang Topix Berfluktuasi Pada Sesi Istirahat Perdagangan Pagi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks Topix Jepang berfluktuasi, setelah kemarin di tutup di level tertinggi enam bulan, setelah kemarin yen melemah dan karena para investor menimbang pendapatan dari perusahaan-perusahaan termasuk Nomura Holdings Inc. dan Honda Motor Co.

 

Saham Nomura, broker terbesar di Jepang, tenggelam 1,8 persen setelah laba kuartalan merosot. Saham Honda naik 3,3 persen untuk dorongan terbesar ke indeks Topix setelah produsen mobil melaporkan laba mengalami gain sebesar 20 persen dan meningkatkan perkiraan pendapatan bersih setahun penuh. Saham Komatsu, perusahaan pembuat peralatan konstruksi No 2 di dunia, naik 0,9 persen setelah mengatakan laba perusahaan didorong oleh peningkatan penjualan di Eropa dan Afrika.

 

Indeks Topix naik 0,1 persen menjadi 1,291.12 pada sesi istirahat perdagangan pagi di Tokyo, setelah turun sebanyak 0,2 persen. Sekitar tiga saham turun untuk setiap dua saham yang menguat. Indeks tersebut naik untuk hari ketiga kemarin ke level tertinggi sejak 22 Januari yang lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,3 persen pada hari ini ke level 15,660.40. Yen bertahan di 102,12 per dolar setelah kemarin turun 0,3 persen.

 

Indeks Topix naik 14 persen dari terendah tahun ini pada 14 April hingga kemarin di tengah tanda-tanda pelapukan peningkatan pajak konsumsi di Jepang dari bulan itu dan spekulasi bahwa??dana pensiun negara sebesar $ 1.2 triliun??akan membeli lebih banyak saham lokal. Indeks tersebut diperdagangkan pada 1,2 kali nilai buku kemarin, dibandingkan dengan 2,7 untuk Indeks Standard and Poor 500 dan 1,5 untuk Indeks Stoxx Europe 600.(frk)

 

Sumber : Bloomberg