Jelang Keputusan The Fed Antarkan Saham Eropa Berakhir Menurun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Setelah ekuitas bergejolak, saham Eropa berakhir menurun, dengan para investor mengukur prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Sektor perbankan merosot tajam dalam Indeks Stoxx Europe 600, turun 0,6 % pada penutupan perdagangan di London. Indeks acuan menghapus kenaikan sebesar 0,9 % yang sebelumnya melemah 0,8 %. Dengan volume perdagangan saham yang ditransaksikan mengalami penurunan dari rata-rata 30-hari, indeks tersebut lebih cenderung berfluktuasi.

Indeks saham Eropa menguat 0,7 % pada pekan lalu, memangkas kenaikan menjelang akhir perdagangan karena investor mengalihkan fokus mereka dari China menuju kenaikan suku bunga The Fed untuk pertama kalinya sejak 2006. Pedagang memprediksi ada kemungkinan peningkatan sebesar 28 % pada 17 September.

Sementara Indeks Stoxx 600 anjlok sebesar 15 % dari rekornya bulan April, para ahli tetap yakin bahwa ekuitas tersebut akan mencatat tahun terbaiknya sejak 2009 lalu. Mereka memperkirakan indeks tersebut akan naik sekitar 18 % pada tahun 2015, mengalahkan ekuitas AS dan memulihkan penurunan ekuitas setelah China mendevaluasi mata uang yuan pada bulan Agustus. (knc)

Sumber : Bloomberg