Iran Tetap Berencana Genjot Produksi Minyak 4 Juta Barel per Hari

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Iran berencana untuk mendorong produksi minyak mentah hingga 4 juta barel per hari sebelum mereka mempertimbangkan untuk bergabung dengan penyuplai lain untuk mencari cara menyeimbangkan pasar minyak global.

“Mereka seharusnya membiarkan kami sendiri sampai nanti. Setelah itu, baru kami akan bekerja sama dengan mereka,” kata Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh.

Sebelumnya, Arab Saudi, Rusia, Venezuela dan Qatar mengupayakan penahanan produksi minyak untuk menyiasati surplus minyak global.

Hal ini dilakukan pada pertemuan 16 februari lalu, agar harga minyak kemudian naik 40 persen sejak level terendah dalam 12 tahun terakhir.

Menurut Zanganeh, harga minyak di level 70 dollar AS per barel merupakan harga yang pantas.

Iran sendiri ingin mendorong produksi minyak hingga 1 juta barel per hari tahun ini setelah sanksi internasional untuk produksi minyaknya dicabut per Januari.

sementara dari data kompilasi Bloomberg, produksi minyak Iran mencapai 3 juta barel per hari. Harga minyak mentah brent crude ditutip di level 40,39 dollar AS per barel pada perdagangan Jumat pekan lalu.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com