Investor Tunggu Pembukaan Bursa China Kirim Sebagian Besar Saham Jepang Jatuh

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Sebagian besar saham Jepang turun seiring laporan menunjukkan pesanan mesin Jepang tiba-tiba menyusut pada bulan Agustus dan karena investor menunggu pembukaan kembali pasar finansial China pasca libur selama seminggu.

Indeks Topix tergelincir sebesar 0,2 persen ke level 1,489.92 pukul 09:02 di Tokyo seiring dengan dua saham jatuh untuk setiap saham yang naik. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,1 persen ke level 18,301.18. Indeks MSCI All-Country World melonjak sebesar 1 persen pada Rabu untuk mencatat penguatan hari keenam, kenaikan terpanjang sejak April lalu. Pasar finansial China dibuka kemabli untuk pertama kalinya sejak 30 September lalu untuk liburan, saham China yang diperdagangkan di Hong Kong naik sebesar 11 persen.

Saham global rebound dari kuartalan terburuk sejak 2011 lalu akibat meningkatnya sepkulasi Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga AS mendekati nol mendorong permintaan untuk aset yang menguntungkan ketika harga murah. Pasar finansial Shanghai kembali dibuka pukul 10.30 pagi waktu Tokyo. (izr)

Sumber: Bloomberg