Investor Tunggu Laporan Fed dan BOJ, Saham Asia Naik di Jepang

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia menguat, didorong oleh keuntungan di saham Jepang seiring yen mempertahankan kerugian mereka sebelum pertemuan kebijakan Bank of Japan. Investor menunggu laporan dari Federal Reserve setelah data inflasi AS mendukung kasus untuk suku bunga yang lebih tinggi.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,3 persen ke level 132,26 pada pukul 09:04 pagi waktu Tokyo. Indeks Topix Jepang naik 0,8 persen setelah yen turun 0,2 persen terhadap dolar kemarin. Indeks Standard & Poor 500 kehilangan 0,1 persen pada hari Selasa seiring data menunjukkan harga konsumen tidak termasuk makanan dan bahan bakar naik 0,2 persen pada bulan Oktober, seperti halnya pada bulan September, dan sejalan dengan perkiraan ekonom. Fed merilis laporan dari pertemuan terakhir Rabu mereka sementara BOJ memberikan pernyataan kebijakan pada hari Kamis.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 8,9 persen dari level rendah September mereka pada hari Selasa, bahkan seiring pedagang mendorong spekulasi kenaikan suku bunga AS pada Desember untuk kemungkinan 66 persen. Dengan BOJ yang akan memulai pertemuan dua hari mereka, seluruh ekonom dari 41 ekonom yang disurvei Bloomberg memprediksi tidak ada perubahan untuk sudah mencatat stimulus meskipun laporan hari Senin menunjukkan ekonomi tergelincir kembali ke dalam resesi. Bulan lalu, 44 persen ekonom mengatakan BOJ akan menambah pelonggaran pada 30 Oktober. (sdm)

Sumber: Bloomberg