Investor Menilai Keuntungan, Bursa Eropa Dibuka Melemah

RIFAN FINANCINDO – Bursa saham Eropa menurun karena investor menilai keuntungan setelah reli dalam dua hari yang membantu acuan ekuitas di daerah itu pulih sekitar 50% dari kerugian pasca-Brexit.

Indeks Stoxx Europe 600 tergelincir 0,9 persen menjadi 323,66 pada 08:17 di London. Penambang dan produsen energi menangkat naik saham-saham kemarin, setelah kejutan hasil pemilu Inggris pada hari Jumat untuk berpisah dari Uni Eropa mengirim indeks ke kegaduhan terburuk selama dua hari sejak 2008. FTSE 100 turun 0,6 persen setelah kemarin kembali untung pasca-Brexit dan kembali ke level tertinggi sejak April.

Pemilik dana akan terus memantau hari ini untuk setiap indikasi langkah selanjutnya dari Inggris dan Uni Eropa yang berada pada jalur pemisahan, dengan tindakan kebijakan yang bisa? meyakinkan pasar dalam fokus. Gubernur Bank of England Mark Carney akan berpidato kepada anggota industri pers dan keuangan di London dalam upaya untuk meredakan ketakutan pasca-Brexit.

Saham mayoritas negara Eropa telah memiliki wild ride dalam persiapan dan pasca Brexit vote. Setelah naik sebanyak 8,1 persen dari level terendah tiga bulan pada 14 Juni hingga hari referendum, Stoxx 600 jatuh 11 persen dalam dua hari berikutnya. Bahkan setelah dua hari reli berikutnya, indeks masih menuju penurunan 6,9 persen pada bulan Juni, penurunan bulanan paling buruksejak Agustus.(frk)

Sumber: Bloomberg