Investor Mengkaji Valuasi, Saham Eropa Jatuh Pasca Rally

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa turun karena para investor mengkaji valuasi ekuitas pasca indeks Stoxx Europe 600 menyelesaikan reli mingguan keempatnya. Indeks saham berjangka dan saham Asia mendatar.

Indeks Stoxx 600 tergelincir sebesar 0,4 persen ke level 346,3 pukul 8:13 di London. Indeks itu naik 1,6 persen pekan lalu, menyentuh level tertingginya dalam dua bulan terakhir pasca Bank Sentral Eropa (ECB) memangkas ketiga suku bunga utamanya dan mengatakan akan mulai membeli hutang sekuritas. Saham pangkas keuntungannya pada jumat lalu di tengah kekhawatiran bahwa langkah-langkah stimulus tidak cukup untuk memicu pemulihan ekonomi. Indeks Standard & Poor 500 berjangka turun sebesar 0,2 persen hari ini, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific Index naik kurang dari 0,1 persen.

Indeks ekuitas acuan Eropa masih rebound sebesar 6,6 persen dari level terendahnya dalam empat bulan terakhir pada 8 Agustus lalu terkait ekspektasi dorongan kebijakan ECB. Indeks ditransaksikan 15,5 kali pendapatan yang diproyeksikan anggotanya, naik dari kelipatan 14,7 satu bulan yang lalu. Indeks mendekati valuasi sebesar 15,7 kali, yang tercapai pada Juli lalu, yang merupakan level tertingginya sejak akhir tahun 2009, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Semua kecuali dua dari 18 indeks saham nasional Eropa barat naik pekan lalu. Indeks DAX Jerman naik sebesar 2,9 persen menuju minggu terbaik sejak Maret, sementara Indeks CAC 40 Prancis menguat sebesar 2,4 persen. Indeks FTSE MIB di Italia rally sebesar 4,6 persen, kenaikan terbesar dalam 16 bulan terakhir. Indeks FTSE 100 Inggris naik sebesar 0,5 persen, mendekati penutupan tertingginya sejak tahun 1999 lalu, kenaikan terpanjang beruntun mingguan sejak November.?(izr)

Sumber: Bloomberg