Investor Kaji Yunani, Saham Asia Pangkas Gain Mingguannya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Asia jatuh, memangkas kenaikan mingguan, karena investor mengkaji prospek untuk Yunani setelah gagalnya pembicaraan guna menghasilkan suatu keputusan dalam krisis utang.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2% menjadi 149,02 pada 09:02 pagi di Tokyo, memangkas gain mingguan menjadi 1,3%. Menteri keuangan tidak dapat mencapai kesepakatan pada hari Kamis di Brussels, dan akan melakukan pertemuan kembali pada Sabtu depan menuju batas waktu pembayaran utang untuk Yunani yang berakhir minggu depan.

Indeks Topix Jepang turun 0,3%. Inflasi naik 0,1% pada Mei dari tahun sebelumnya, data menunjukkan, sementara pengeluaran rumah tangga meningkat lebih dari perkiraan ekonom.

Indeks S & P / ASX 200 Australia turun 0,5%, sedangkan Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,4%. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,2%.

Pasar saham di Hong Kong dan China belum dibuka. Shanghai Composite merosot 3,5% pada hari Kamis pada perdagangan volatile, dipimpin oleh perusahaan teknologi, pasca para trader menjual unit saham yang dibeli dengan uang pinjaman untuk hari ketiga.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Indeks saham turun 0,3% pada Kamis, sementara Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2%.(yds)

Sumber: Bloomberg