Investor Jepang Tarik Modal, Saham Asia Tergelincir

Investor Jepang Tarik Modal, Saham Asia TergelincirRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham-saham Asia jatuh pada perdagangan awal Kamis 10 September 2015. Pasar merespon negatif laporan penyusutan permintaan mesin Jepang, sehingga menyebabkan investor menarik modalnya pada aset-aset berisiko. Dilansir reuters, kekhawatiran terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi global masih membayangi pasar. Sinyal-sinyal pelemahan ekonomi dunia ditunjukkan dari lemahnya permintaan, dan ketidakpastian kebijakan ekonomi di Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Indeks Jepang, Nikkei, jatuh tiga persen pada hari ini, setelah melonjak 7,7 persen di hari sebelumnya. Indeks Jepang kemarin melonjak didorong oleh harapan terhadap stimulus ekonomi pemerintah Jepang. Sementara Indeks MSCI Asia Pasifik, di luar Jepang, tergelincir 0,9 persen pada pagi ini, setelah sehari sebelumnya naik 3,2 persen. Indeks Australia hari ini jatuh 1,9 persen, dan Indeks Korea Selatan Kospi turun 0,5 persen.
Investor menanti data inflasi China untuk mendapatkan petunjuk lebih jauh terkait kesehatan negara ekonomi terbesar kedua dunia itu. “Spekulasi tentang kebijakan fiskal dari China dan Jepang gagal mempertahankan kenaikkan pasar,” kata analis Barclays.
Barclays menyatakan meski gejolak sudah berkurang dalam beberapa hari ini, ketidakpastian tentang perlambatan ekonomi global, potensi arus modal keluar di negara-negara berkembang, dan kebijakan Bank Sentral masih ada.
Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id