Investasi Aset Tetap China Jatuh ke Level Terendah Sejak Tahun 2000

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Investasi aset tetap China naik pada laju paling lambat dalam 15 tahun dan data produksi industri membuntuti perkiraan analis, meningkatkan tanda tanya lebih lanjut atas efektivitas upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi.

Investasi tidak termasuk rumah tangga pedesaan naik 10,9% dalam delapan bulan pertama, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Minggu, dibandingkan dengan proyeksi rata-rata ekonom yang disurvei oleh Bloomberg di 11,2%.

Output industri pada bulan Agustus naik 6,1% dari tahun sebelumnya, meleset dari perkiraan 6,5%. Penjualan ritel pada bulan Agustus naik 10,8%, mengalahkan gain yang diproyeksikan sebesar 10,6% dan 10,5% untuk kenaikan di bulan Juli.

Pelemahan dari angka-angka ekonomi menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pemerintah dalam memenuhi target pertumbuhan 7% tahun ini, akibat penurunan ekspor dan deflasi harga produsen yang mendalam. Penutupan pabrik-pabrik di Beijing dan provinsi sekitarnya sebelum parade militer di ibukota pada tanggal 3 September kemungkinan juga telah berkontribusi untuk membaca keluaran lebih lemah dari perkiraan.(frk)

Sumber: Bloomberg