The Fed Siap Jaga Pertumbuhan Ekonomi

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Para pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS) yakni Federal Reserve atau the Fed tengah berkumpul di Jackson Hole, Wyoming, melakukan perdebatan terkait perekonomian AS. Mereka berdebat apakah bisa mengambil alih untuk menjaga pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan memberi pengaruh terhadap pergerakan pasar.

Dalam perdebatan atau diskusi itu sudah terlihat beberapa pembuat kebijakan the Fed yang secara radikal mengubah pandangan mereka tentang kebijakan moneter. Dan, diskusi itu akan lebih luas lagi cakupannya pada Jumat, ketika Ketua The Fed Janet Yellen memberikan pidato pembukaan konferensi kebijakan tahunan the Fed.

Meski masih perlu melihat lebih lanjut tentang petunjuk apakah the Fed kemungkinan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat, namun pidato Yellen diperkirakan akan mengenai kebijakan toolkit. Hal ini akan memberi wawasan seberapa dalam kebijakan harus dirombak dari apa yang telah dipelajari sejak krisis keuangan 2007-2009 dan ketika terjadi resesi.

Penempatan kebijakan sebagian besar masih tetap utuh, walau banyak yang mengejutkan dan mengecewakan termasuk bagi Yellen. Namun, diharapkan perekonomian AS bisa kembali membaik di masa-masa yang akan datang, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/8/2016).

Akan tetapi, saat ini kondisi terjadi sebaliknya di mana visi yang muncul dari dunia berubah di mana pertumbuhan yang diharapkan lebih rendah, tingkat deflasi tetap terjadi, dan adanya keraguan untuk berinvestasi, termasuk pandangan individu di masa yang akan datang.

Dengan dampak kebijakan moneter yang diredam dan berlaku jangka pendek pada pertumbuhan ekononmi, dan pemerintah secara global meninggalkan ruang hampa pada isu-isu jangka panjang seperti kebijakan fiskal dan produktivitas yang lebih baik maka gubernur bank sentral sedang berjuang untuk melangkah guna berperan dalam jangka waktu panjang.

“Ketika saya meninggalkan Fed pada awal 2009, kami berbicara tentang memiliki suku bunga pada tingkat yang sangat rendah untuk beberapa waktu.” kata Randy Kroszner, mantan Gubernur the Fed dan sekarang seorang profesor ekonomi di University of Chicago Booth School of Business.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com

PT RIFAN FINANCINDO