Industri Jasa AS Tumbuh Pada Laju Paling Lambat di Tahun Ini

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Industri jasa tumbuh di laju paling lambat pada bulan Mei dalam 13 bulan seiring meredanya aktifitas pesanan, Ini menandakan meningkatnya bagian terbesar dari ekonomi AS.

Indeks Institute for non-manufaktur Supply Management, yang mencakup berbagai industri dari real estate, turun menjadi 55,7 dari 57,8 bulan April, menurut organisasi The Tempe rizona pada Rabu. Angka diatas 50 sinyal ekspansi dan Indeks Mei lebih lemah dari 57 perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg.

Pertumbuhan dibatasi oleh aktifitas pesanan menunjukan konsumen Amerika yang telah menghemat uang ekstra dari turunya harga bahan bakar bensin serta meningkatnya lapangan kerja ketimbang membelanjakannya. Permintaan rumah tangga kuat akan membantu memperkuat pertumbuhan di Industri jasa yang membentuk hampir 90% dari perekonomian.

Perkiraan dalam survei Bloomberg dari 79 ekonom berkisar dari 55 hingga 60. survei kelompok non-manufaktur ini mencakup dasar yang luas dari industri jasa yang juga termasuk sektor utilitas, ritel, dan perawatan kesehatan, selain konstruksi dan pertanian.

Indeks ISM pesanan baru jatuh ke angka 57,9 pada Mei dari 59,2 bulan sebelumnya. Indeks backlog merosot 6 poin ke 48,5, pembacaan terendah sejak Desember 2013.

Indeks kerja di industri jasa stagnan menjadi 55,3 pada Mei dari 56,7.

Indeks aktivitas bisnis turun menjadi 59,5 dari bulan sebelumnya 61,6. Angka tersebut sama dengan ISM produksi pabrik, yang juga stagnan pada bulan lalu.(yds)

Sumber: Bloomberg