Industri Jasa AS Berkembang Pada Laju Tercepat

RIFAN FINANCINDO – Perusahaan jasa Amerika berkembang pada bulan Juni di laju tercepat dalam tujuh bulan terkait kuatnya jual-beli yang memberikan sinyal bahwa ekonomi AS berada dalam kondisi sehat.

Indeks Institute for Supply Management?s non-manufacturing naik ke level 56,5 melebihi prediksi paling optimis dalam survei Bloomberg, dari 52,9 pada bulan Mei, laporan kelompok yang berbasis di Tempe, Arizona merilisnya pada hari Rabu ini.

Indeks produsen jasa dari perusahaan konstruksi ke pengecer mencatatkan kemajuan terbesar bulanan sejak Februari 2008, dibantu oleh kuatnya belanja konsumen. Dikombinasikan dengan meningkatnya bidang manufaktur, data menunjukkan bahwa ekonomi AS telah mendapatkan peningkatan laju yang mengarah pada keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

“Konsumen terlihat cukup baik,” Sophia Kearney-Lederman, seorang analis ekonomi pada FTN Financial di New York, sebelum laporan tersebut. “Mereka tampaknya akan membawa rebound untuk kuartal kedua.”

Angka diatas 50 pada indeks ISM non-manufaktur, yang mencakup industri yang menyumbang hampir 90 persen perekonomian, menandakan adanya pertumbuhan.

Perkiraan median ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan angka 53,3, dengan prediksi mulai dari 51, sampai ke 55.

Survei pabrik ISM yang dikeluarkan pekan lalu menunjukkan bahwa pemulihan yang baru lahir dalam industri manufaktur yang terjebak juga sedang berbenah. Indeks naik ke 53,2, level tertingginya sejak Februari 2015, didorong oleh pemesanan dan produksi yang lebih kuat.

“Sebuah peningkatan dalam manufaktur merupakan pertanda baik untuk sektor jasa juga,” kata Kearney-Lederman. “Manufaktur telah tertekan oleh dolar yang kuat dan permintaan dunia yang lemah, dan itu membutuhkan waktu begitu lama bahwa sektor jasa dapat membenahi perlambatan itu juga.”(mrv)

Sumber: Bloomberg

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.