India umumkan reformasi ekonomi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pemerintah baru India telah mengungkapkan program reformasi ekonomi dengan sasaran penciptaan lapangan kerja baru dan dukungan atas investasi asing.

Pengumuman yang disampaikan oleh Presiden Pranab Mukherjee juga menyinggung rencana untuk menyederhanakan sistem pajak dan mereduksi inflasi.

Reformasi industri termasuk guna mengarahkan investasi swasta kepada sektor keamanan dan batu bara.

Dia mengungkapkan harapan India untuk menciptakan hubunngan baik dengan negara tetangga serta keikutsertaan untuk melawan kekerasan terhadap perempuan.

Pidato Murkhejee di depan parlemen dialamatkan kepada para anggota parlemen baru yang terpilih lewat kemenangan mutlak Perdana Menteri Narendra Modi dalam pemilihan bulan lalu.

Mukherjee menambahkan pemerintah akan memperkenalkan sistem pajak baru, yang mendukung investasi dan memperlancar perizinan untuk proyek-proyek bisnis besar.

Pesan anti inflasi akan disambut baik gubernur bank sentral Raghuram Rajan, yang berjasa menurunkan suku bunga untuk mengendalikan harga-harga konsumen.

Ekspansi ekonomi India melambat dengan signifikan, dengan pertumbuhan 4,7% pada tahun keuangan 2013-2014 atau di bawah 5% untuk dua tahun berturut-turut.

Sumber : BBC Indonesia