Indeks Topix Jepang Naik Setelah Catat Penurunan Kuartalan Terbesar

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik, setelah Indeks Topix catat penurunan kuartalan terbesar dalam 5 tahun terakhir, seiring pemberi pinjaman non-bank dan pembuat instrumen presisi mengalami kenaikan.

Indeks Topix naik 0,7 % ke level 1,421.52 pada pukul 09:03 pagi waktu Tokyo, kenaikan untuk hari kedua setelah anjlok 4,4 % pada hari Selasa. Indeks tersebut melemah 13 % dalam 3 bulan terakhir hingga 30 September, penurunan terbesar sejak kuartal Juni 2010. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,4 % ke level 17,457.13 pada hari ini, setelah sebelumnya merosot 14 % pada kuartal terakhir.

Indeks Standard & Poor 500 naik 1,9 % pada hari Rabu, memangkas penurunan terburuk kuartalan dalam 4 tahun terakhir. Pesan beragam dari kebijakan suku bunga Federal Reserve dikombinasikan dengan kekhawatiran perlambatan ekonomi China mengirim Indeks S&P 500 menuju penurunan bulanan secara berturut-turut mengirim gejolaknya saham di tahun ini.

Kontrak E-mini pada indeks acuan AS turun 0,2 % pada hari Kamis.

Bank of Japan (BOJ) mengatakan, Indeks Tankan dari sentimen di antara perusahaan manufaktur besar jatuh ke angka 12 pada kuartal ketiga, dari 15 dalam 3 bulan sebelumnya. Para ekonom mengharapkan pembacaan di angka 13. Perusahaan-perusahaan besar di semua industri berencana untuk meningkatkan belanja modal sebesar 10,9 % pada tahun fiskal ini, melebihi dari estimasi rata-rata para ekonom yang memperkirakan 8,7 %. (knc)

Sumber : Bloomberg