Indeks Topix Jatuh untuk Pertama Kali Akibat Rebound Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh karena meningkatnya ketegangan militer antara Turki dan Rusia melambungkan yen lebih tinggi, meredam prospek pendapatan bagi eksportir. Saham maskapai penerbangan pimpin kerugian, sementara saham produsen komoditas menguat.

Indeks Topix turun 0,7 persen ke level 1,594.31 pada istirahat makan siang di Tokyo, menuju kerugian pertama dalam lebih dari sepekan terakhir, seiring saham megabanks Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, Mizuho Financial Group Inc dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc memberikan kontribusi paling dalam pada penurunan indeks. Yen menguat untuk hari kedua pasca Turki menembak jatuh jet tempur Rusia yang telah melanggar wilayah udaranya.

Turki ditembak jatuh pesawat di dekat perbatasan dengan Suriah barat laut Selasa pagi, menggambar kemarahan dari Presiden Rusia Vladimir Putin dan menandai bentrokan langsung pertama antara kekuatan asing terlibat dalam perang sipil Suriah. Harga minyak melonjak dan yen naik.

Indeks Nikkei 225 Stock Average terkoreksi sebesar 0,5 persen ke level 19,822.15, jatuh dari level tertingginya dalam tiga bulan terakhir. (izr)

Sumber: Bloomberg