Indeks Shanghai Composite Tembus Level 4000

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China naik hari ketiga, mengirimkan Indeks Shanghai Composite menembus level 4.000, seiring penguatan saham teknologi dan lebih banyak perusahaan kembali diperdagangkan pasca dihentikan selama kemerosotan baru-baru ini.

Indeks Shanghai Composite naik 1,1 persen ke level 4,001.05 pukul 10:18 pagi waktu setempat, menuju penutupan pertama di atas level tertinggi sejak 1 Juli lalu. Indeks ChiNext, indeks saham perusahaan kecil melonjak 3,8 persen. Saham PetroChina Co turun 1,9 persen. Sebanyak 633 perusahaan yang dihentikan dari perdagangan kembali ditransaksikan di China hari Senin ini, atau 22 persen dari total daftar, turun dari 635 pada penutupan Jumat.

Volatilitas meningkat seiring perusahaan memulai trading lagi dan pemerintah meningkatkan langkah-langkah untuk mendukung pasar saham pasca dana hampir senilai $4 triliun keluar dari pasar saham. China Securities Finance Corp. dapat mengakses sebanyak 3 triliun yuan ($483 miliar) dana yang dipinjam dari sumber termasuk bank sentral dan bank kreditur komersial, orang yang akrab dengan masalah mengatakan Jumat.

Indeks Shanghai Composite membukukan kenaikan 2,1 persen pekan lalu. Indeks acuan telah rebound sebesar 13 persen dari 8 Juli hingga 17 Juli pasca anjlok sebesar 32 persen dalam satu bulan terakhir karena investor melepas posisi debt-margin. Pedagang Margin meningkatkan kepemilikan saham yang dibeli dengan uang pinjaman untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir pada hari Jumat, dengan saldo utang marjin di Bursa Efek Shanghai naik 0,3 persen menjadi 921.3 miliar yuan. (izr)

Sumber Bloomberg