Indeks Saham Berjangka Cina Sedikit Berubah Pasca Reli Shanghai

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks saham berjangka Cina sedikit berubah setelah indeks membukukan rally terbesar dalam tujuh minggu.

Kontrak pada CSI 300 Index berakhir pada November naik 0,1 persen ke level 3,570.20 pada pukul 09:26 pagi waktu setempat. China Southern Airlines Co mungkin melemah setelah pihak berwenang Cina mengatakan Ketua Si Xianmin sedang diselidiki untuk pelanggaran disiplin yang serius.

Shanghai Composite Index menguat 4,3 persen kemarin setelah Partai Komunis meluncurkan rencana pembangunan lima tahun untuk meningkatkan perekonomian dan seiring investor berspekulasi pada awal link perdagangan Hong Kong-Shenzhen. Bank sentral China tidak sengaja memicu lonjakan saham dengan menerbitkan komentar lima lalu dari Gubernur Zhou Xiaochuan yang mengatakan bahwa hubungan antara di Shenzhen dan Hong Kong akan dimulai pada 2015.

Indeks acuan China telah kembali pulih 18 persen dari level terrendah tahun ini pada 26 rendah Agustus seiring pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri $ 5 miliar kekalahan dan pembuat kebijakan memperkenalkan stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk penurunan keenam suku bunga dalam setahun.

Hang Seng China Enterprises Index naik 2,7 persen, sedangkan Indeks Hang Seng menguat 2,2 persen. Indeks CSI 300 naik 4,7 persen. Indeks ChiNext perusahaan kecil di Shenzhen melonjak 6,4 persen untuk kenaikan terbesar volume perdagangan sejak 16 September. Shanghai Composite naik ke level tertinggi sejak 26 Oktober kemarin. (sdm)

Sumber; Bloomberg