Indeks Saham Berjangka China Menguat Seiring Dimulainya Kembali Perdagangan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks saham berjangka China menguat seiring pasar China daratan diperdagangkan untuk pertama kalinya sejak Rabu.

Kontrak pada Indeks CSI 300 naik 2,5% pada 09:17 pagi waktu setempat. Indeks Hang Seng China Enterprises merosot 1,4% ke level terendah dua tahun pada hari Jumat. Bursa China daratan telah ditutup untuk hari libur.

China berusaha untuk menenangkan kekhawatiran ekonomi pada pertemuan G-20 di Turki pada akhir pekan, dengan para pejabat memprediksi stabilisasi di pasar mata uang serta saham dalam beberapa pekan mendatang. Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gejolak dalam ekuitas China akan segera berakhir, dan bahwa intervensi negara dicegah risiko sistemik dan berhenti.

Cina akan merilis data terbaru mengenai cadangan mata uang asing secepatnya pada hari Senin, sehingga memberikan investor dengan beberapa gagasan mengenai berapa banyak telah dihabiskan oleh regulator untuk menopang pasar lokal dan yuan.

China Financial Futures Exchange pada Rabu berpindah untuk membatasi perdagangan Indeks berjangka dengan menurunkan bar pada “perdagangan normal” dan meningkatkan persyaratan margin serta biaya penyelesaian.(yds)

Sumber: Bloomberg