Indeks Saham AS Ditutup Melemah Terkait Meningkatnya Kekhawatiran China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Rebound pada indeks Dow Jones Industrial Average yang naik lebih dari 440 poin memudar karena para keraguan para pedagang atas apa yang akan terjadi di pasar China dan bahwa berpegang pada saham merupakan hal yang berisiko bagi kebanyakan investor.

Indeks 30-stock turun 1,3 persen menjadi 15,665.77 pada 4 sore di New York, atau turun sebesar 4 persen dari level tertingginya. Penurunan dari posisi puncaknya ditandai oleh aksi selloff pada Senin kemarin, ketika kekhawatiran tentang pertumbuhan global memicu aksi selloff terburuk dalam empat tahun tertinggi. Indeks Standard & Poor 500 yang tadinya naik 2,9 persen menjadi turun 1,4 persen, dengan sebagian besar penjualan terkonsentrasi di dua jam terakhir perdagangan.

Pembalikan keadaan yang mengecewakan atas kenaikan yang terjadi pada hari sebelumnya mempertaruhkan harapan pada upaya China untuk memberikan dorongan ke dalam perekonomian. Bank sentral hari ini memangkas suku bunga untuk kelima kalinya sejak November lalu dan menurunkan jumlah kas bank yang harus disisihkan dalam upaya untuk membendung penurunan pada pasar saham terbesar di negara itu sejak tahun 1996 dan berlanjutnya perlambatan ekonomi pada negara tersebut.(mrv)

Sumber: Bloomberg