Indeks PMI Manufaktur HSBC China direvisi Turun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks PMI (Purchasing Managers Index) HSBC China Manufacturing, sebuah indeks kegiatan manufaktur China, naik ke posisi tertingginya dalam 18-bulan terakhir ke angka 51,7 pada bulan Juli dibandingkan dengan 50,7 pada bulan Juni lalu, HSBC Holdings PLC mengatakan pagi ini.

Pembacaan ini mengikuti kenaikan di PMI resmi pemerintah, yang dirilis awal pada hari Jumat, menjadi 51,7 untuk Juli. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi dalam aktivitas manufaktur dari bulan sebelumnya, sementara pembacaan di atas angka 50 menunjukkan ekspansi.

Para analis mengatakan kombinasi ekspor kuat dan langkah-langkah stimulus pemerintah telah mendorong sektor manufaktur.

Subindex untuk pesanan ekspor baru juga meningkat dengan kecepatan tercepat kedua dalam lebih dari tiga tahun terakhir, kata HSBC.

Pembacaan akhir PMI HSBC turun sedikit dari pembacaan awal Juli PMI HSBC dari angka 52.0, yang diumumkan pekan lalu. Angka awal didasarkan pada 85% sampai 90% dari tanggapan terhadap survei PMI nya.

PMI HSBC didasarkan pada data yang dikumpulkan dari balasan kuesioner bulanan yang dikirimkan ke pembelian eksekutif di lebih dari 420 perusahaan manufaktur.?(izr)

Sumber : MarketWatch