Indeks Nasdaq Tembus Level Tertingginya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks Nasdaq Composite naik ke level tertinggi dalam 15 tahun terakhir, penutupan tertingginya, karena saham AS mengabaikan laporan laba yang bervariasi dan mengecewakannya data manufaktur dari seluruh dunia. Minyak naik ke level tertinggi empat bulan.

Indeks Nasdaq Composite naik sebesar 0,3 persen pukul 12:26 di New York, bersiap menuju rekor level penutupan pada untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir. Indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,3 persen. Indeks Stoxx Europe 600 merosot 0,6 persen. Euro naik terkait spekulasi bahwa Yunani dan negara-negara kreditur akan mencapai kesepakatan untuk menerima pembayaran bantuan. Minyak melonjak sebesar 3,2 persen.

Penguatan saham Microsoft Inc dan EBay pada hari Kamis ini telah mendorong indeks Nasdaq, sementara indeks S&P 500 dan indeks Dow Jones Industrial Average semakin mendekati level tertingginya sepanjang masa seiring laporan laba dari perusahaan besar melampaui perkiraan bahkan karena penguatan dolar bebani penjualan luar negeri. Ekspansi sektor manufaktur di zona euro melabat dan penurunan data pabrik Cina mengisyaratkan langkah stimulus Asia dan pembelian obligasi oleh Bank Sentral Eropa (ECB) belum dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. (izr)

Sumber: Bloomberg