Indeks Hang Seng 7 November Naik

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – Pada awal perdagangan bursa Hong Kong awal pekan Senin (07/11), indeks Hang Seng dibuka positif, saat ini terpantau naik 128,70 poin atau 0,57 persen pada 22771.32. Indeks saham Hong Kong naik dari level terendah tiga bulan sebagai FBI mengatakan penggunaan email Hillary Clinton bukan kejahatan, meningkatkan peluangnya pada pemilihan Presiden AS.

Di AS, Federal Bureau of Investigation menyimpulkan bahwa penggunaan email Clinton saat menjadi Menteri Luar Negeri bukan kejahatan, meningkatkan peluang kandidat partai demokrat sebelum pemilu pekan ini.

Sementara itu pengembang properti jatuh karena pemerintah mendorong langkah-langkah untuk mengekang lonjakan harga rumah.

Indeks Hang Seng Property anjlok terbesar sejak Januari setelah pemerintah menaikkan materai pada pembelian rumah bagi sebagian orang.

Transaksi properti akan jatuh sebanyak 70 persen dalam tiga bulan ke depan setelah bergerak tak terduga, menurut Centaline Property Agency Ltd., sedangkan South China Morning Post melaporkan bahwa pengembang telah menangguhkan penjualan di kota. Para pengunjuk rasa turun ke jalan pada hari Minggu sebelum Kongres Nasional Rakyat China menafsirkan hukum kota.

Saham Sun Hung Kai Properties Ltd memimpin pelemahan 4,3 persen pada ukuran dari pengembang, menjatuhkan 8,7 persen, terbesar sejak Maret 2012. New World Development Co anjlok 8,8 persen, sementara Cheung Kong Property Holdings Ltd turun 6,8 persen, terbesar sejak 20 Januari

Dalam konferensi televisi termasuk pejabat tertinggi di kota itu, pemerintah mengumumkan rencana Jumat untuk menaikkan materai hingga 15 persen untuk semua pembelian perumahan – kecuali untuk pembeli pertama kali yang merupakan penduduk permanen. Sampai saat ini, pungutan tertinggi untuk warga adalah 8,5 persen, sementara asing sudah membayar 15 persen materai. Hong Kong adalah pasar rumah termahal di dunia, menurut Demographia.

HSBC Holdings Plc, salah satu dari 10 bank global terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, naik 0,8 persen sebelum rilis laba yang dijadwalkan. China International Capital Corp, bank yang telah membawa beberapa perusahaan milik negara terbesar negara itu ke pasar, turun 0,9 persen setelah setuju untuk membeli China Investment Securities Co untuk mendapatkan pijakan dalam bisnis ritel-broker.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau naik 164,00 poin atau 0,73% pada 22,776.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,612.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya berpotensi lemah dengan pelemahan Wall Street dan ketidakpastian pemilihan Presiden AS. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 22,383-21,867, dan kisaran Resistance 22,936-23,236.

( vibiznews.com )