Indeks Berjangka Eropa Sinyalkan Saham Raih Gain; Produsen Mobil Mungkin Naik

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks berjangka Eropa menguat, pasca ekuitas berhasil menghentikan penurunan dua hari untuk ditutup naik kemarin.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 naik 1,3 persen pada pukul 07:05 pagi waktu London. Saham AS meraih lonjakan terbesar dalam empat minggu kemarin, didukung oleh rebound di saham energi.

Stoxx Europe 600 Index berfluktuasi kemarin pasca serangan teror di Paris, sebelum ditutup di level 0,3 persen lebih tinggi. Indeks acuan Eropa ini meraih penurunan ?terbesar sejak September pekan lalu.

Stoxx 600 rebound 12 persen dari level terendah September mereka sampai 4 November, didorong oleh komentar Mario Draghi bahwa Bank Sentral Eropa akan mempertimbangkan stimulus pada pertemuan bulan depan. Indeks ekuitas ini sejak itu telah kehilangan beberapa keuntungan di tengah pertanyaan terhadap angka ekonomi yang lemah dan spekulasi biaya pinjaman AS yang lebih tinggi. Sebuah laporan hari ini akan menunjukkan kepercayaan investor Jerman naik bulan ini dari periode sebelumnya, menurut perkiraan ekonom dalam survei Bloomberg.

ECB melihat risiko bahwa investor dan konsumen akan kehilangan kepercayaan dalam proyeksi pembuat kebijakan ‘untuk menghidupkan kembali inflasi, anggota Dewan Eksekutif Peter Praet mengatakan dalam sebuah wawancara di Frankfurt.

Saham otomotif Eropa mungkin bergerak setelah data menunjukkan penjualan mobil di kawasan itu naik pada bulan Oktober untuk kenaikan ?26 berturut-turut. Pangsa pasar Volkswagen AG menyusut di bulan penuh pertama penjualan sejak skandal kecurangan emisi perusahaan terungkap. (sdm)

Sumber: Bloomberg