Indeks Berjangka Eropa Jatuh Di tengah Laba dan Mengecewakannya Data

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks saham berjangka Eropa jatuh, menunjukkan ekuitas akan turun untuk hari kedua, seiring investor mengikis pendapatan dan data ekonomi sebelum laporan pekerjaan AS yang bisa mendikte lintasan suku bunga tahun ini.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 berakhir pada bulan Desember turun 0,2 persen ke level 3.438 pada pukul 7:16 pagi waktu London. FTSE 100 Index berjangka melemah 0,2 persen.

Sebuah laporan hari ini menunjukkan produksi industri Jerman secara tak terduga turun pada bulan September di tengah perlambatan di China dan pasar negara berkembang lainnya.

Investor juga akan melihat ke AS, di mana para pejabat Federal Reserve termasuk Ketua Janet Yellen telah menegaskan bahwa mereka bisa menaikkan suku bunga pada bulan Desember jika data ekonomi mendukung. Sebuah rilis pada data payrolls akan menunjukkan peningkatan pekerjaan bulan lalu dan penurunan tingkat pengangguran menjadi 5 persen, menurut perkiraan ekonom.

Komoditas dan energi produsen menyeret Indeks Stoxx Europe 600 ke level yang lebih rendah pada hari Kamis. Indeks ekuitas, yang masih menuju kemajuan mingguan, telah naik 12 persen dari level rendah pada 29 September, menutup sekitar dua pertiga kerugian dari kekalahan pada musim panas. Indeks relatif menguat mendekati 70, level yang analis teknis sebut overbought, yang berarti keuntungan sudah terlalu jauh. (sdm)

Sumber: Bloomberg