Impor Tembaga China Jatuh ke Level 14-Bulan Terendahnya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Impor tembaga China turun ke level terendahnya sejak April tahun lalu karena permintaan untuk menggunakan logam sebagai jaminan kredit berkurang di tengah penyelidikan di Qingdao Port.

Impor tembaga dan produk tembaga turun menjadi sekitar 353.500 ton pada Juni lalu, turun 7 persen dari bulan sebelumnya. Bloomberg News menghitung angka dengan mengurangkan data untuk lima bulan pertama dari pernyataan setengah tahun yang dirilis oleh Badan Kepabean hari ini.

Melemahnya permintaan dari China, pengguna terbesar di dunia, mungkin membebani tembaga berjangka di London, yang telah menurun sebesar 3,3 persen tahun ini. Harga akan turun selama enam sampai 12 bulan ke depan seiring turunnya biaya produksi, sektor properti China melemah dan pembiayaan komoditas unwinds mengikuti pemeriksaan di Qingdao, Goldman Sachs Group Inc mengatakan tanggal 8 Juli kemarin.

Harga tembaga di London merosot ke level terendahnya dalam enam pekan terakhir pada 12 Juni lalu pasca rilis rincian bulan lalu. Kontrak untuk pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange telah tergelincir sebesar 0,1 persen menjadi $7.118 per ton pada pukul 10:48 pagi di Hong Kong.?(izr)

Sumber: Bloomberg