IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi Global

RIFAN FINANCINDO – Dana Moneter Internasional menurunkan target pertumbuhan global untuk dua tahun ke depan. Hal ini dipicu keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Melansir Reuters, Rabu (20/7/2016), IMF memperkirakan ekonomi global naik 3,1 % pada 2016 dan 3,4 % pada 2017, keduanya 0,1% lebih rendah dari perkiraan pada April. Pemangkasan proyeksi World Economic Outlook ini sudah terjadi untuk kelima kali dalam hampir 1,5 tahun.

Menurut IMF, meskipun perbaikan sedang terjadi di Jepang, Eropa dan pemulihan parsial harga komoditas, namun Brexit menciptakan peningkatan yang cukup besar dalam keraguan yang akan memberi pengaruh pada investasi dan pasar dan kepercayaan konsumen.

IMF mengatakan Inggris akan terkena efek paling besar dari Brexit, di mana lembaga memangkas proyeksi 2016 pertumbuhan menjadi 1,7 persen, melemah 0,2 persentase poin dari target April.

Sementara itu, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan zona euro untuk 2016, tapi menurunkan prospek 2017 sebesar 0,2 poin menjadi 1,4 persen untuk 2017.
Pihak IMF juga merevisi proyeksi laju ekonomi China tahun ini menjadi 6,6 persen dari prediksi April sebesar 6,5 persen, mengatakan bahwa prospek jangka pendek telah tumbuh karena adanya dukungan kebijakan baru-baru ini.

IMF merevisi prediksinya untuk pertumbuhan ekonomi AS pada 2016 menjadi 2,2 persen dari prediksi bulan April sebesar 2,4 persen, karena pertumbuhan yang lebih kecil dari perkiraan pada kuartal pertama.

Kepala ekonom IMF Maury Obstfeld mengatakan, selain kemungkinan penurunan terkait dengan ketidakpastian Brexit itu sendiri, ada konsekuensi penurunan lainnya, termasuk krisis pengungsi di Eropa, pengangguran jangka panjang, kredit macet, ketergantungan pada utang, dan risiko geopolitik.

Sumber : http://economy.okezone.com

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.