IHSG Siap Menuju Level 5.100

RIFAN FINANCINDO – Pascalibur panjang, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memanfaatkan momentum keadaan global yang sedang kondusif. Hal itu terlihat dari keadaan pelaku pasar yang kembali melakukan aksi beli yang terbilang massive untuk mengejar ketertinggalan IHSG pada saat libur bila dibandingkan dengan keadaan bursa saham Eropa maupun AS yang sedang bullish.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menjelaskan, banyak sentimen positif yang membuat gerak indeks “berlari indah”, mulai dari penguatan nilai tukar rupiah, hasil Pemilu di Jepang, jelang pelantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri baru, hingga penguatan sejumlah bursa saham global.

Indeks terlihat kembali berada di teritori positif setelah bergerak melemah di akhir pekan lalu. Masih adanya utang gap (4.890-4.905) perlu diwaspadai dalam jangka panjang.

Pelaku pasar asing yang kembali melakukan aksi belinya secara massive pada perdagangan kemarin membuat pelaku pasar masih dilanda rasa optimisme akan pergerakan IHSG dalam jangka pendek.

“Namun, kami menekankan bahwa indeks pada saat ini cenderung menguji level psikologis baru di level 5.100, sehingga berpeluang dijadikan titik untuk melakukan aksi profit taking,” jelas Reza.

Kepala Riset PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menambahkan, gerak indeks pada perdagangan hari ini ?diprediksi akan melanjutkan pola penguatan, setelah kemarin mengalami kenaikan 1,96 persen ke level 5.069.

Tren kenaikan indeks pada perdagangan kemarin, menurut William, ?masih ditunjang oleh berlanjutnya capital inflow ke bursa saham domestik. Hari ini indeks bergerak pada rentang 4.951?5.108, setelah sepanjang transaksi kemarin berada di zona hijau.

“Berlanjutnya capital inflow menunjukkan bahwa kepercayaan investor cukup tinggi terhadap pasar modal Indonesia,” jelas William.

Selain itu, ?William berpandangan, investor juga meyakini langkah-langkah pemerintah untuk memperbaiki kondisi ekonomi. Salah satunya tax amnesty yang menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membuat kondisi perekonomian lebih stabil.

“Posisi suport berada di level 4.951 akan mampu dipertahankankan, seiring upaya indeks tembus level 5.108,” papar William.

Mengamati satu hari ini, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT PP London Sumatera Indonesia Tbk (LSIP),? PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), P?T Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS)?.?

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.