Harga Minyak “Tenggelam” 4%

PT RIFAN FINANCINDO – Harga minyak anjlok lebih dari empat persen pada perdagangan Rabu waktu setempat. Persediaan minyak mentah menjadi salah satu pemicu pelemahan harga minyak.

Administrasi Informasi Energi (EIA) melaporkan stok minyak mentah AS turun kurang dari yang diperkirakan pekan lalu, persediaan distilat naik terbesar sejak Januari, serta stok bensin secara tak terduga meningkat. Laporan ini melukiskan permintaan yang luar biasa lemah selama musim panas.

Laporan EIA menekan harga di pasar yang sudah bearish setelah pengawas energi dunia Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan adanya kekenyangan minyak dunia. Lonjakan stok minyak mentah telah mendorong floating storage ke level tertinggi dalam tujuh tahun.

Reuters melansir, Kamis, 14 Juli, harga minyak mentah Brent menetap USD2,21 per barel atau 4,6 persen menjadi USD46,26 per barel. Sementara minyak mentah AS turun USD2,05 atau 4,4 persen menjadi USD44,75 per barel.

Pada perdagangan Selasa, baik Brent dan WTI naik hampir lima persen, kenaikan harian terbesar sejak April, pada shortcovering dan membeli teknis sehari setelah mencapai posisi terendah dua bulan.

Di sisi lain, produk minyak sulingan juga merosot, “disengat” oleh data EIA. Bensin AS menetap hampir empat persen lebih rendah sementara minyak pemanas, proxy untuk diesel sulfur ultra rendah, turun lebih dari lima persen.

Sebelumnya EIA mengatakan persediaan minyak mentah turun 2,5 juta barel pekan lalu, kurang dari penurunan perkiraan sebesar tiga juta barel dalam jajak pendapat Reuters.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.