Harga Minyak Dunia Naik 2%, Tapi Masih di Bawah US$50

Harga Minyak Dunia Naik 2%, Tapi Masih di Bawah US$50RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga minyak mentah dunia tutup naik dua persen di bursa berjangka Amerika Serikat (AS) pada Senin 5 Oktober 2015. Harga minyak naik didorong oleh penguatan bursa pasar ekuitas AS.

Dilansir CNBC, harga minyak AS ditutup 72 sen atau 1,6 persen di US$46,26 per barel. Sedangkan minyak mentah Eropa, Brent, naik US$1,2 atau 2,4 persen menjadi US$49,95 per barel. Rusia, produsen minyak terbesar ketiga dunia, menyatakan siap untuk bertemu dengan negara-negara eksportir minyak OPEC dan non-OPEC untuk mendiskusikan pasar bila memang dipanggil bertemu.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan sebuah pertemuan antara pejabat Rusia dan Arab Saudi sedang dijadwalkan pada akhir Oktober ini. Rusia mengatakan akan memangkas produksi minyaknya dalam rangka mendorong harga minyak. Moscow menolak untuk bekerjasama dengan OPEC.

Produksi minyak Rusia sudah mencapai tingkat tertinggi pasca-Soviet sekitar 10,74 juta barel per hari pada September. Sementara harga minyak dunia terus turun ke level terendah dalam enam setengah tahun.

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id