Harga Minyak di Level $ 50

minyakRIFAN FINANCINDO – Minyak diperdagangkan mendekati level $ 50 per barel seiring data industri AS menunjukkan stok minyak mentah turun sehingga memangkas surplus stok global.

Berjangka Agustus naik 0,3 persen di New York setelah sebelumnya naik sebanyak 1,2 persen. stok minyak AS turun 5,2 juta barel pekan lalu, American Petroleum Institute mengatakan dalam sebuah laporan. Data pemerintah Rabu diperkirakan menunjukkan stok akan turun 1,5 juta barel, tergelincir untuk minggu kelima namun masih lebih dari 100 juta barel di atas rata-rata lima tahun. Baik presiden Nigeria maupun militan membantah laporan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan gencatan senjata selama 30 hari.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Agustus naik 14 sen ke level $ 49,99 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 09:59 pagi waktu Hong Kong, memangkas gain sebelumnya sebanyak 60 sen. Kontrak Juli yang berakhir Selasa kehilangan 52 sen, atau 1,1 persen, ke level $ 48,85 per barel. Total volume perdagangan yakni sekitar 33 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Brent untuk pengiriman Agustus berada 10 sen, atau 0,2 persen lebih tinggi di level $ 50,72 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak kehilangan 3 sen untuk ditutup di level $ 50,62 per barel pada hari Selasa. Minyak mentah patokan global ini diperdagangkan pada premium 73 sen untuk WTI. (sdm)

Sumber: Bloomberg