Harga Karet Tertekan Anjloknya Minyak Mentah

Hasil gambar untuk karet tocomRIFAN FINANCINDO – Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Selasa siang (31/10) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom tergerus anjloknya penurunan harga minyak mentah semalam, dimana dalam bulan Oktober harga minyak juga telah anjlok 4 persen.

Harga minyak mentah anjlok pada akhir perdagangan Selasa dinihari (01/11), menyentuh satu bulan rendah akibat keraguan tentang kemampuan OPEC untuk mengimplementasikan penurunan produksi yang direncanakan, bahkan sekalipun pejabat OPEC menyetujui dokumen yang menguraikan strategi jangka panjang mereka.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) untuk Desember ditutup turun $ 1,84, atau 3,8 persen, pada $ 46,86, sebagai penutupan terendah sejak 27 September.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka kontrak bulan depan patokan internasional Brent, yang berakhir setelah sesi Senin, turun $ 1,39, atau 2,8 persen, pada $ 48,32 per barel. Ini jatuh serendah $ 47,98 dalam perdagangan intraday, harga terendah sejak 28 September.

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Namun pelemahan tertahan lebih lanjut setelah siang ini harga minyak mentah di sesi Asia rebound, demikian juga bursa Shanghai membukukan hasil positif setelah pertumbuhan manufaktur Tiongkok meningkat di bulan Oktober.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan April 2017 berakhir turun sebesar -0,4 yen atau -0,2 persen, menjadi 183,1 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 183,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi kenaikan minyak mentah yang dapat mengangjat harga karet Tocom. Namun juga perlu dicermati pergerakan Yen yang dapat mempengaruhi harga karet Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Resistance di 188,00 yen dan 193,00 yen. Harga akan menemui Support pada level 178,00 dan 173,00 yen jika harga berada di teritori negatif.

( http://vibiznews.com )