Harga Emas Tertahan Penguatan Dollar

emas-dan-faktanya-19-02-2016-15-52-12RIFAN FINANCINDO – Harga spot emas dunia agak tertahan pada hari Senin ini oleh dollar yang menguat dan bursa saham Asia yang lebih kuat, namun bertahan di atas level psikologis $1.300.

Logam mulia tersebut naik sekitar 0,9 persen pada hari Jumat lalu setelah Presiden Donald Trump memperingatkan bahwa dia bisa mengakhiri perjanjian nuklir 2015 dengan Iran serta setelah data menunjukkan bahwa inflasi tetap lamban di Amerika Serikat.

Spot emas turun 0,2 persen pada $1,302.51 per ounce pada Senin siang WIB ini.

Dolar naik tipis namun kurang memiliki momentum, sementara euro berada dalam posisi defensif setelah pemilu di Austria dan kekhawatiran konfrontasi Catalonia dengan Madrid.

Bursa saham Asia, sementara itu, naik ke level tertinggi baru mengikuti pimpinan Wall Street, sementara meningkatnya ketegangan antara Irak dan Kurdi mendorong lonjakan harga minyak AS.

Pejabat senior Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat berkomitmen untuk tetap menjadi bagian dari kesepakatan nuklir Iran untuk saat ini, terlepas dari kritik Trump tentang kesepakatan tersebut dan peringatannya bahwa dia mungkin akan mencabutnya, demikian dilansir dari CNBC (16/10).

“Sudah jelas ada beberapa masalah geopolitik … tapi saat ini investor masih fokus pada Amerika Serikat,” kata analis pasar dari ANZ.

“Pasar masih pastikan adanya kenaikan suku bunga tahun ini oleh Federal Reserve.”

Perekonomian A.S tetap kuat dan pasar tenaga kerja yang kuat meminta kenaikan suku bunga secara bertahap meskipun inflasi lemah, demikian pimpinan the Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Minggu.

Kenaikan suku bunga cenderung mendorong dolar dan mendorong imbal hasil obligasi, dan memberi tekanan pada emas.

“Harga telah mencapai di atas $1.300, meskipun kenaikan sedikit terbatas, kami berharap untuk melihat harga tetap di level $1.300-1.310 selama minggu ini,” kata analis ANZ dikutip oleh CNBC.

Spot emas dapat menembus resistance di $1.305 per ounce dan naik ke resistance selanjutnya di $1.318, kata analis teknikal Reuters Wang Tao.

Dalam pantauan Vibiznews, harga emas dalam rupiah naik sedikit ke Rp564.779 dibandingkan Rp563 ribuan pada Jumat lalu. Demikian pula harga emas ANTAM terpantau berlanjut naik ke Rp629.616 per gramnya, dibandingkan harga Jumat lalu sekitar Rp625 ribu per gram.

Analis Vibiznews melihat level resistance yang lebih kuat ada di $1.313. Selanjutnya kemungkinan di $1.334. Resistance pertama masih mungkin tercapai dalam waktu dekat ini. Isyu Korea Utara akan selalu menjadi pemicu besarnya. ( vibiznews.com )