Hadapilah Komplain dengan Baik

bisnisukm.com

bisnisukm.com

Tak pelak bila melakukan usaha pastilah berhubungan dengan konsumen atau klien. Jangan pernah menganggap ringan kehadiran mereka. Eksistensi konsumen/klien bukan hanya sebatas pembeli produk atau jasa yang ditawarkan. Lebih dari itu, mereka adalah mitra yang membantu membesarkan usaha yang tengah dijalankan.

Salah satu yang membuat konsumen/klien betah dan tetap berada di kubu usaha Anda, adalah meng-handle komplain dengan baik. Tidak ada salahnya memberikan kemanjaan pada konsumen/klien Anda ketika mengajukan komplain. Mereka datang bukan karena membenci, melainkan mencintai produk/jasa yang Anda berikan. Mereka menanggap bahwa usaha Anda sudah baik, dan tidak terima bila kemudian usaha Anda mengalami kemunduran hanya karena produk/jasa Anda buruk.

Pandanglah komplain dari konsumen/klien sebagai masukan yang dapat membuat kinerja usaha jauh lebih baik lagi. Tak ada gading yang tak retak, demikian pepatah menuliskan, termasuk dalam usaha Anda bahwa kesempurnaan itu tidak ada. Yang ada adalah progres dari usaha yang Anda jalankan. Jadi hadapilah komplain dengan sebaik-baiknya, karena konsumen/klien Anda sangat care dengan produk/jasa yang Anda jual.

Simak poin-poin berikut:

  • Setiap pelanggan ingin dipentingkan, layanilah mereka secara pribadi sesuai kebutuhan.
  • Setiap konsumen sulit menerima kerusakan produk dan pelayanan. Jalan terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan meminta maaf dan memperbaikinya segera.
  • Pastikan diri Anda memiliki wewenang dan kemampuan untuk melayani keluhan klien, sebelum bertemu dengan mereka.
  • Tidak ada konsumen yang menyebalkan sepanjang Anda mencoba manis dan simpatik dalam melayaninya.
  • Mempersiapkan pelayanan yang baik dengan tetap senyum walau pelanggan sedang marah adalah modal untuk menarik pelanggan baru.
  • Semarah-marahnya pelanggan akan bisa diatasi dengan balasan ramah tanpa emosi tinggi.

– See more at: bisnisindeks