RifanFinancindo ~ G20 Berjanji Stabilkan Ekonomi Pasca-Brexit

RifanFinancindo

RifanFinancindo

RifanFinancindoG20 Berjanji ‘Halalkan’ Segala Cara Stabilkan Ekonomi Pasca-Brexit : Okezone Ekonomi

Negara-negara dengan ekonomi terbesar dunia yang bergabung dalam G20 sepakat untuk bekerja sama mendukung pertumbuhan global yang lebih baik. Selain itu, mereka berjanji untuk tetap membawa perdagangan ke tingkat yang lebih tinggi pasca-keluarnya Inggris dari Eropa dan kekhawatiran akan meningkatnya proteksionisme.

Menteri keuangan baru Inggris, Philip Hammond, mengatakan ketidakpastian tentang Brexit akan mulai mereda setelah Inggris mengeluarkan visi hubungan mereka dengan Eropa di masa depan. Kepastian tersebut, akan menjadi lebih jelas akhir tahun ini.

Meski demikian, dia mengatakan volatilitas di pasar keuangan dalam tahun-tahun mendatang masih tetap ada. Hal ini seiring International Montery Fund (IMF) pada pekan lalu memangkas proyeksi pertumbuhan global karena Brexit.

“Ketidakpastian akan mulai berkurang ketika kita mampu mengatur hubungan yang lebih jelas jenis dengan Uni Eropa,” kata Hammond seperti dilansir dari Reuters, Senin (25/7/2016),

“Jika mitra kita di Uni Eropa menanggapi visi tersebut dengan positif, ada kemungkinan pada akhir tahun ini kami memiliki tujuan yang sama dan saya berpikir bahwa kami akan menenangkan komunitas bisnis dan pasar,” jelas dia.

Dalam pertemuan menteri keuangan G20 yang berlangsung selama dua hari tersebut, menekankan tentang Brexit yang akan membawa ketidakpastian dalam ekonomi global di mana pertumbuhan yang lebih lemah dari yang diinginkan dapat terjadi. Dia menambahkan, para anggota akan proaktif untuk mengatasi masalah ekonomi dan keuangan potensial.

“Melihat perkembangan terakhir, kami menegaskan kembali tekad kami menggunakan semua alat kebijakan, baik moneter, fiskal dan struktural, baik itu individual maupun kolektif untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif,” kata mereka.

 

Sumber : http://economy.okezone.com

( RifanFinancindo )

RifanFinancindo