EUR/USD Terjebak Dalam Kisaran 20-Poin Di Bawah 1,0900

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – EUR/USD terlihat bergerak bolak-balik dalam kisaran sempit 20-poin selama beberapa jam terakhir, setelah gagal untuk menahan 1,09 pasca pembukaan Tokyo.

EUR/USD bertahan di atas MA 20-hari di 1,0878

Pasangan mata uang utama ini menghentikan kemenangan beruntun tiga hari dan terlihat mengkonsolidasikan kenaikan tak jauh dari 1,09 di tengah sesi Asia yang beragam, sementara pasar terus memikirkan pernyataan FOMC dan sekarang menunggu serangkaian data ekonomi penting dari kedua benua, dengan angka IHK pendahuluan Jerman akan memulai sesi perdagangan mendatang yang sibuk.

Sementara itu, saham Asia diperdagangkan cukup beragam, dengan kenaikan terbatas di saham Jepang dan Australia setelah penurunan terbaru harga minyak. Sementara di sisi lain, Dolar AS juga diperdagangkan beragam terhadap pesaing utamanya, dan membantu membatasi penurunan EUR/USD.

Pada hari Rabu, EUR/USD naik ke tertinggi mingguan baru di 1,0917 setelah Fed menunjukkan kekhawatiran atas gejolak pasar keuangan, meskipun mempertahankan sikap untuk kenaikan suku bunga bertahap tahun ini.

Selanjutnya, sejumlah rilis ekonomi AS diharapkan menjadi pendorong utama di sesi NY, sedangkan mata uang utama akan terus memantau perkembangan di sekitar minyak dan saham. Kalender AS menawarkan pesanan barang tahan lama, klaim pengangguran mingguan dan data penjualan rumah tertunda hari ini.

Level teknis EUR/USD

Dalam hal teknis, pasangan ini menemukan resistensi terdekat di 1,0922/24 (Tinggi 21 Januari/MA 100-hari). Terobosan di luar sana, akan menguji tes 1,0941/57 (Tinggi 19 Januari/R2 harian). Di sisi lain, support terdekat di 1,0870/67 (SMA 200-jam/MA 10-hari), di bawah sana 1,0803 (Rendah 13 Januari) mungkin diuji.

Sumber: FxStreet