Euro Turun Ke Level Terendah Dalam Sepekan Pasca Referendum

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Euro jatuh ke level terendah dalam satu minggu terakhir akibat hasil ?referendum yang menolak untuk penghematan lebih lanjut, meningkatkan risiko keluarnya Yunani dari serikat mata uang (tunggal) yang akan membuat? integritas blok tersebut di pertanyakan.

Enam puluh satu persen (61%) dari masyarakat Yunani mendukung penolakan penghematan dan kenaikan pajak lebih lanjut yang diprakarsai Perdana Menteri Alexis Tsipras dalam referendum Yunani, berdasarkan data di website Kementerian Dalam Negeri. ?Hasilnya adalah 62,5 persen.

Euro tergelincir 0,8 persen menjadi $ 1,1024 pada pukul 10:01 pagi di Tokyo setelah turun ke $ 1,0970, terendah sejak 29 Juni. Sebelumnya, Euro turun sebanyak 1,3 persen. Mata uang bersama ini jatuh 1 persen menjadi 135,03 yen.

Sementara Yunani ?memberikan kontribusi output zona euro kurang dari 2 persen, potensi langkah keluarnya dari zona euro akan menjadi pioneer bagi negara-negara lain yang keanggotaan bisa dicabut. Mata uang bersama itu cukup kuat di tengah pasang surutnya pembicaraan bailout Yunani, naik 3,9 persen terhadap dolar dalam tiga bulan hingga 30 Juni, merupakan kuartal terbaik sejak 2013.

Kanselir Jerman, Angela Merkel akan melakukan perjalanan ke Paris pada hari Senin ini untuk bertemu Presiden Prancis, Francois Hollande. Kedua pemimpin tersebut dalam pembicaraan teleponnya sepakat bahwa keputusan masyarakat Yunani dalam referendum itu “harus dihormati,” kata kantor pemerintah pers Jerman dalam sebuah e-mail.(sdm)

Sumber: Bloomberg