Eskalasi Ketegangan, Angkat Emas Naik Setelah Turun Ke Level 2 Bln Terendahya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas naik terkait spekulasi bahwa harga mendekati level 2 bulan terendahnya akan memicu pembelian akibat para investor menilai ketegangan di belahan dunia. Sementara platinum naik dari level 4 bulan terendahnya.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 1% ke level $1,289.06 pukul 2:53 siang waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Tanggal 21 Agustus lalu emas turun ke level $1,273.14, level terendah sejak 18 Juni lalu terkait perkiraan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Relative strength index selama 14 hari turun ke level 10 pekan terendahnya sebesar 35.3, angka mendekati level 30 memberikan sinyal bagi beberapa investor bahwa harga akan berbalik.

Emas mengalami kenaikan sebesar 7.3% sepanjang tahun 2014 ini akibat konflik di Timur Tengah dan Ukraina telah mendorong permintaan aset safe haven. Presiden Russia Vladimir Putin akan menemui koleganya dari Ukrania setelah bergejolaknya konflik di perbatasan. Sementara di Timur Tengah, AS belum memutuskan apakah akan menyerang Islamic State di Syria, Libya meminta bantuan internasional ditengah berkembangnya ketegangan diantara lawan-lawan milisi, sementara Israel dan grup Hamas dari Jalur Gaza tidak menunjukkan tanda-tanda penyerahan. (bgs)

Sumber : Bloomberg