Emas Turun Terkait Reli Ekuitas Pasca Perak Melemah ke Level Terendah 4-Thn

RIAFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka turun ke level terendah delapan bulan akibat ekuitas melonjak ke rekor, membatasi permintaan untuk logam mulia sebagai aset alternatif. Perak turun di bawah $ 18 per ons membuatnya berada di level termurah dalam empat tahun terakhir.

Kepemilikan di?exchange-traded funds(ETF) berbasis emas merosot ke level terendah lima tahun akibat volatilitas harga mengalami penurunan ke level terendah sejak tahun 2010. Logam kuning tersebut telah turun 13% dari tertinggi tahun ini pasca perekonomian AS mendapatkan kekuatan di tengah prospek kenaikan suku bunga dan penurunan inflasi.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,8% untuk menetap di level $ 1,216.60 per ons pada pukul 1:36 siang di bursa Comex New York, penurunan terbesar sejak 8 September yang lalu. Sebelumnya, harga emas sempat menyentuh level $ 1,214.20, yang merupakan levl terendah untuk kontrak teraktif sejak 6 Januari yang lalu.

Kepemilikan Global dalam ETF emas telah turun 0,5% dalam minggu ini ke level 1,706.47 metrik ton, level terendah sejak Oktober 2009 yang lalu.

Sumber : Bloomberg